Moms, Ini Cara Mengatur Keborosan Dalam Berbelanja



Belanja adalah salah satu kegiatan favorit hampir seluruh wanita, apalagi jika sudah menjadi seorang ibu rumah tangga. Keinginan berbelanja semakin meningkat karena semakin banyak jenis barang yang ingin dibeli. Ketika Moms belom menikah pasti Moms hanya ingin membeli barang-barang untuk pribadi, namun setelah menikah Moms pasti tergoda untuk membeli barang-barang rumah tangga, untuk anak jika sudah memiliki anak belum lagi barang-barang pribadi yang Moms inginkan, padahal belum tentu barang yang Moms beli dibutuhkan.


Seringkali wanita menyalahkan belanja sebagai sumber pemborosan, namun faktanya kesalahan berada pada diri Moms sendiri. Jika Moms mampu mengenadalikan keinginan untuk berbelanja, maka tidak akan terjadi keborosan. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan berbelanja kebutuhan dan tidak ada salahnya pula jika ingin berbelanja sesuatu yang diinginkan. Namun semua itu harus pada porsi yang tepat, tidak kurang dan tidak berlebihan.
Sebelum mencari cara untuk mengatasi permasalahan ini, Moms harus mengenali terlebih dahulu bagaimana gaya berbelanja Moms. Dengan mengenal diri sendiri barulah akan lebih mudah untuk mencari solusi yang tepat bagi Moms. Ada beberapa alasan yang membuat seorang wanita ingin berbelanja:

#1 Mode

Dengan zaman yang semakin modern, banyak ibu rumah tangga atau “mamah muda” yang tidak mau ketinggal mode. Maka ketika ada trend fashion baru, rasanya isi lemari harus diubah dengan barang-barang baru.


2. Diskon dan Promo

Satu hal ini merupakan favorit para wanita, terutama ibu rumah tangga. Moms pasti berpikir sangat saying jika kesempatan diskon atau promo ini dilewatkan padahal barang yang dijajakan tidak diperlukan.


#3. Termakan Omongan Teman

Wanita (terutama ibu rumah tangga) akan sangat mudah termakan omongan teman. Jika temannya memiliki sebuah barang baru atau menawarkan suatu barang tertentu, otomatis Momspun akan tergoda untuk membelinya.

Selain ketiga hal diatas masih ada banyak tipe gaya berbelanja yang sering dilakukan oleh seorang wanita atau ibu rumah tangga. Moms harus bisa merubah kebiasaan Moms dalam berbelanja, setelah mengetahui permasalahannya barulah Moms dapat mencari penyelesaiannya.



Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Moms coba lakukan dalam mengatur pengeluaran belanja ;


#1. Buat Wish List

Membuat daftar keinginan memang terdengar sepele, tetapi pada kenyataanya dafta ini dapat membuat Moms focus pada barang-barang apa yang harus Moms beli atau barang yang benar-benar Moms inginkan. Tidak ada salahnya memiliki sebuah keinginan. Tetapi jika memungkinkan fokuslah pada keinginan tersebut. Seringkali seorang ibu rumah tangga menginginkan sesuatu saat berada di rumah, tetapi setibanya di toko Moms berubah pikiran dan membeli barang lain. Tidak jarang Moms menyesal dengan barang yang sudah dibeli karena sebenarnya barang yang benar-benar diinginkan adalah barang pertama yang tadinya akan dibeli.


#2. Buat Tabungan Belanja Terpisah

Buatlah rekening terpisah dari rekening pengeluarna bulanan secara keseluruhan, seringkali jika berbelanja menggunakan rekening yang berisi uang bulanan keluarga Moms akan merasa memiliki banyak dana yang bisa dihabiskan. Padahal tidak semua dana yang ada direkenng dapat Moms gunakan. Karena itu sebaiknya pisahkan rekening kebutuhan keluarga dengan rekening belanja pribadi Moms. Rekening ini hanya berisi dana yang benar-benar dapat Moms habiskan. Dengan begitu Moms tahu berapa dana yang sebenarnya dapat dibelanjakan.


#3. Miliki Teman Belanja

Memiliki teman belanja adalah sebuah hal yang positif jika Moms menemukan teman yang bijak. Seorang teman belanja dapat memberi pendapat untuk dijadikan pertimbangan. Seorang teman belanja dapat memberi pandangan yang objektif mengenai suatu barang. Tetapi jangan sampai Moms mendapatkan teman belanja yang justru memberi pengaruh negatif dan membuat Moms menjadi lebih boros dari sebelumnya.

Diri Sendiri yang Memegang Kendali

Jika Moms merasa keuangan setiap bulan tidak teratur karena belanja, cobalah menganalisis letak kesalahan Moms. Jangan menyalahkan belanja sebagai penyebab keuangan Moms menjadi berantakan. Semua kendali pengeluaran ada di tangan Moms. Cobalah mempraktekkan cara-cara di atas agar Moms terhindar dari belanja berlebihan yang dapat merusak keuangan keluarga.


Semoga artikel diatas bermanfaat, jangan ragu untuk memberikan komentar ataupun memberikan masukan tentang artikel yang ingin diinformasikan pada kolom komentar, terima kasih 


Selengkapnya :






Komentar