Kerja Sampingan yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga


Moms, walaupun Moms hanya seorang ibu rumah tangga tapi Moms juga bisa kok menghasilkan pemasukan untuk keluarga Moms, berikut ini saya akan memberikan pilihan untuk Moms beberapa kerja sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga.


Sebagai ibu rumah tangga pasti Moms memilih kerja sampingan yang bisa dilakukan dirumah dan tentunya pekerjaan sampingan yang berdasarkan minat dan talenta Moms, meski pada awalnya hanya sebagai hobi semata, namun kerja sampingan juga sangat menjanjikan, sehingga sangat tepat untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan.

Namun sebagai Mompreneur, Moms haruslah cerdas jangan seperti kebanyakan ibu rumah tangga lainnya, yang pada akhirnya "kebakaran jenggot",buka usaha ini, buka usaha itu, dah akhirnya gagal fokus. Padahal yang namanya menjalankan bisnis itu butuh modal uang, modal tenaga, modal pikiran dan modal waktu. Niat awalnya ingin menambah pemasukan, eh malah jadi nambah pengeluaran. Sebelum Moms terjebak dengan kondisi itu kenali dulu, 3 jenis penghasilan:
  • Penghasilan Aktif : penghasilan yang didapat karena seseorang bekerja, menukarkan waktu, keringat, pikiran, uang dan terkadang perasaan untuk menghasilkan uang.
  • Penghasilan Investasi : penghasilan yang didapat karena seseorang menggunakan uangnya untuk menghasilkan uang.
  • Penghasilan Pasif : penghasilan yang didapat karena aset Anda bekerja menghasilkan uang.

Nah, sekarang Moms, berikut adalah beberapa kerja sampingan berdasarkan jenis penghasilannya :

Penghasilan Aktif

1. Membuka Usaha atau Bisnis

Yes Moms, Moms bisa membuka usaha atau bisnis yang sesuai dengan hobi dan talenta Moms, misalnya membuka bisnis katering, bagi Moms yang memilki hobi masak ini bisa menjadi satu pilihan yang tepat, atau membuka bisnis kerajinan tangan untuk hiasan rumah, ini bisa juga Moms lakukan jika Moms merupakan orang yang kreatif ini bisa menjadi salah satu pilhan buat Moms, pilihlah usaha atau bisnis yang bisa membuat Moms senang melakukannya.


2. Menjadi Freelance

Selain membuka usaha Moms bisa memilih menjadi seorang freelance, misalnya, bagi Moms yang memilki hobi menulis Moms bisa menjadi penulis artikel di beberapa website yang mebutuhkan jas penulis freelance, ataupu bagi Moms yang pintar mengedit foto atau bahkan hobinya mengambil foto, itu juga bisa menjadi pilihan bagi Moms untuk menambah masukan keuangan.


Penghasilan Investasi 

1. Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana dapat menjadi salah satu alternative untuk sumber pemasukan investasi. Investasi reksa dana tidak perlu dikontrol setiap hari. Anda cukup memilih perusahaan manajer investasi dan produk reksa dananya.


2. Investasi Logam Mulia 

Tidak ada salahnya. Jika Anda fokus untuk berinvestasi. Moms dapat memanfaatkan investasi logam mulia atau emas. Untuk investasi emas, sebaiknya pilih emas jenis logam mulia.


Penghasilan Pasif

1. Mengikuti Franchise atau Waralaba

Salah satu cara mendapatkan penghasilan pasif adalah dengan menggunakan warlaba (franchise). Moms dapat membeli dan menjalankan waralaba laundry, makanan atau tempat les.


2. Membuat Website atau Bisnis

Moms juga dapat menjalankan bisnis online. atau juga Moms dapat membuat sebuah blog atau website (bahkan vlog) yang dapat menghasilkan pemasukan otomatis dari iklan, penjualan produk, menjadi sponsor dan lain sebagainya.

sumber :

Komentar